Heavenly Scented Gift

Write to make your life worthy :)

Bogowonto dan bau rokok

on June 16, 2014

Kamis dini hari lalu eyang putri saya di Jogja meninggal, innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Berangkatlah kita ber3 ke sana. Alhamdulillah ibu saya punya tour & travel, jadi bookingnya bisa diurusin. Dapetnya air asia, keberangkatan jam14.40, seharga 530ribu. Anak sholeh udah harus bayar full jadinya dikali tiga deh apalagi ditambah airport tax 120ribu, huhuhu mahalnyooo.

Di terminal 3 kita masih santai-santai liat pesawat dan ngga ngeh kalo ternyata udah final call daritadi, alhamdulillah tiba-tiba liat layar gede trus inisiatip nanya. Seatnya di 25BCD, dipisahin jalan doang. Kata anak sholeh: Papa jauh banget siiih (lol). Kekeuh kakinya ngadep Papa, katanya: ngga ada orang yang lewat kok. Gemesss. Habis takeoff tau-tau pules.

Anak sholeh baru tidur 45menit udah harus kebangun pas keluar pesawat. Trus kita berburu taksi yang ternyata ngga ada blue bird di sana, yaiyalaaah. Yang pertama keliatan rajawali (kalo ngga salah), langsung ditembak 150ribu ke Sentolo, pake sistem tiket, entah gimana itu sistemnya. Mahal amit, cari yang argo aja deh. Eh ternyata ada taksi avanza (atau xenia ya), buka pintu 6000, 3250 per km. Supirnya lebih suka lewat ringroad (yang katanya lebih lancar walopun muter banget), jadinya kena 127rb, alhamdulillah hemat 23rb, hehe.

Berhubung ini mudik dadakan, jadinya gedubrakan banget deh pas siap-siap, dan cuma sempet nyiapin baju ganti buat 2 hari, sabtu harus pulang. Iya jadi ngga sempet ngapa-ngapain sih di sana. Eh jum’at malem kita icip-icip Jejamuran deng, enyaak dan pedes.

Dipikir-pikir sayang banget ngabisin 3jt (tiket pesawat) cuma buat 2malem. Ada yang penasaran juga sama kereta akap (antar kota antar propinsi, bis kali neng). Seumur tinggal di Indonesia kayaknya taunya cuma krl, itu juga jaman sebelom commuter line, dan kereta-keretaan di mol atau di ancol, hehe. Nyari jadwal yang kayaknya paling oke (harga oke juga tentunya), pilih yang 10.18-17.24 deh. Bogowonto ekonomi ac, seorang 205ribu, dibawah 3tahun masih dianggep bayi gede, bayarnya 21ribu saja (tapi ngga dapet duduk sendiri).Alhamdulillah, kereta ber3 ternyata masih lebih murah daripada pesawat (seorang). Eh tergantung deng, kemaren kereta eksekutif (bisa turun di gambir) yang paling murah 348ribu.

Meluncurlah kita dari stasiun wates. Duduknya kayak di angkot belakang, tapi ini dua lawan dua, bukan enam empat. Kita dapet nomer 19AB, cuma jarak 3 kursi dari sambungan gerbong. Perjalanan diisi dengan makan sambil liat sawah, sampe-sampe mikir kalo kita naik kereta mulu (dengan perbekalan melimpah) bisa gemuk kali nih. Oh dan ada yang sibuk main game 2048, suami maksudnya, hahaha. Jam1-jam3 anak sholeh tidur. Pe-a-en-te-a-te rasanya maknyus, wajar sih, mangku rawamangun-depok naik mobil aja bisa bikin kaki kesemutan, hehe. Kita pesen makan siangnya reska (belom gugling kepanjangannya), lumayan kok rasanya walopun porsinya cuma ngegelitik perut, bakmi goreng 18ribu, nasi goreng 28ribu. Bisa sewa bantal juga, 6ribu satunya. Tiba di stasiun senen ngaret setengah jam, bisa lebih cepet sih kalo turun di jatinegara.

Oke juga ya kayaknya perjalanan kita. Nope. Satu-satunya yang paling nyebelin adalah bau rokok. 50% napas saya di kereta itu isinya asep doang kali. Padahal kereta ac. Padahal udah ada tulisan dilarang merokok. Padahal di dalem gerbong ngga ada yang ngerokok. Ternyata para perokok sibuk mondar-mandir di sambungan demi meracuni orang lain. Saking ngga tahannya, saya sampe ngelapor ke petugas kereta, dan alhamdulillahnya langsung ditegor dan langsung dimatiin. Sayangnya saya telat, baru ngelapornya pas mau turun. Oh dan ternyata kata petugas keretanya, di manapun di kereta itu, termasuk sambungan, termasuk area dilarang merokok. Kasian anak sholeh, mudiknya malah kejejelan asep rokok.

Dari senen kita masih harus ke bandara lagi, buat ngambil mobil yang nginep 54jam, dan di taksi bau rokok lagi. Muak. Di rumah eyang juga, om dan pakde kayak ngga punya hati, ngerokok ngga berenti-berenti di dalem rumah, bahkan di dalem kamar. Ngomong-ngomong soal taksi, senen-cengkareng kok lebih mahal daripada depok-rawamangun ya?

Advertisements

2 responses to “Bogowonto dan bau rokok

  1. […] sholeh udah rada¬†berpengalaman ngereta. Commuter line kalo ngga salah udah 2x. Udah pernah naik bogowonto sama taksaka […]

  2. […] sampe sekarang kita udah pernah 3x naik kereta dari/ke Yogyakarta: bogowonto, taksaka, sama argo lawu. Dari 3x pengalaman itu, argo lawu paaaliiing […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: