Heavenly Scented Gift

Write to make your life worthy :)

Perpanjang stnk

on August 7, 2015

Dulu pas masih berceriamerah yang sekarang udah hampir punah, hampir tiap taun saya ke samsat buat perpanjang stnk. Tapi trus dua taun terakhir ngga nongol ke sana lagi, karena 2 taun lalu dibalikin nama, dan taun lalu diurusin sama dealer.

Trus tau-tau umur si boy udah mau setaun aja, harus buru-buru nyamsat sebelom kena denda. Nah ternyata karena kita masih kredit, prosesnya sedikit lebih rempong.
1. Minta berkas perpanjang stnk ke bank (karena kreditnya sama bank), terdiri dari: copy bpkb, copy faktur kendaraan, copy sertifikat nomor identifikasi kendaraan (NIK), surat asli informasi perpanjangan pajak kendaraan.
2. Minta legalisir berkas diatas + stnk asli + ktp asli di TU nya samsat. Bayar 20ribu. Emang beneran ya ada biaya legalisir segitu?? Kalo untuk Depok, TU-nya adanya di samsat sentosa raya, huhuhu, sia-sia kita ke ITC buat fotokopi doang.
3. Isi form: nomor plat, nama pemilik, alamat, ttd.
4. Serahin map berisi berkas ke loket progresif (walopun cuma punya 1 kendaraan).
5. Tunggu sampe ngantuk berat, estimasi waktu perpanjangan 80 menit.
6. Habis dipanggil, bayar PKB & SWDKLLJ, entah apa kepanjangannya *males gugling*
7. Tunggu 20 menit-an lagi. Habis dipanggil lagi, ambil stnk baru + ktp. Pulang!

Waktu itu kita sampe sekitar jam 1.30 dan baru bisa cabut jam 3. Oya jangan lupa fotokopinya jauh-jauh dari samsat ya, soalnya pas di ITC, buat fotokopi 14 halaman aja kena 15ribu *nangis*. Dan, pas ngurus stnk, ngga usah bawa anak, karena dimanapun bau rokok!!

Advertisements

One response to “Perpanjang stnk

  1. […] Denger-denger sekarang udah ada e-samsat ya, belum pernah nyoba sih. Soalnya si mobil masih kredit *hehe* jadi masih harus ke TU samsat dulu. Jadi sekalian legalisir sekalian bayar. Mungkin kalo ntar udah ngga ngutang lagi sama bank baru deh bisa bebas dari urusan perTUan ini. Yang dilegalisir hampir sama kayak taun lalu: […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: