Heavenly Scented Gift

Write to make your life worthy :)

Sunat !

on October 2, 2015

Dulu waktu bayi, di pampersnya anak sholeh sempet ada kayak bercak merah. Walaupun cuma setitik, tapi kalo ngga salah sempet beberapa kali kayak gitu. Dari situ ketauanlah kalo ternyata ada fimosis.

Sempet ada beberapa gejala lain yang bikin khawatir, trus kita konsultasiin ke dokter. Dsanya pada bilang bahwa selama belum sunat, penanganan kebersihannya harus tepat supaya ngga infeksi. Nah tapi akhir-akhir ini kalau dilakukan penanganan itu anak sholehnya ngeluh sakit. Dan waktu itu sekolahnya udah mulai, daripada daripada kan, hehe.

Singkat cerita, akhirnya kita mencoba percaya sama Rumah Sunatan dengan smart klamp seharga 1,4juta nya.

Minggu 26 juli 2015:
Pasang tabung, selain proses sunatnya (sekitar setengah jam) pas di klinik, semua tampak baik-baik saja. Sampe rumah langsung heboh main, kebetulan lagi rame juga.

Senin 27 juli 2015:
Anak sholeh udah bisa lagi pasang celana sendiri. Bahkan make sarung sendiri (didobel) tanpa diminta, mau sholat katanya, hehe. Oya sarungnya model rok sempit, bukan yang longgar ber-rimpel-rimpel gitu.

Selasa 28 juli 2015:
Kalo cebok habis pipis udah tenang-tenang aja, alhamdulillaaah. Sempet kontrol dan naaangiiis heboooh.

Rabu 29 juli 2015:
Paginya masih aman damai. Kita sempet ikut orientasi di sekolah. Lalu siangnya lepas tabung. Dari situlah baru dimulai perjuangan sesungguhnya. Proses lepasnya aja udah luar biasa banget karena ada anak yang udah terlanjur trauma. Dan ternyata sampe rumah masih berdarah lagi. Untungnya sih ada layanan hotline emergency.

Kamis 30 juli 2015:
Tentu saja ngga bisa ikut orientasi hari kedua karena anak sholeh kesakitan. Ditambah pula dengan ibu yang ketakutan anaknya berdarah lagi. Jadinya seharian bed rest. Oh dan bengkak. Tiap cebok teriak kesakitan. Berkali-kali bilang mau pup tapi pas di toilet ngga jadi. Pake kasa betadin kesakitan, pas lepasnya juga sama. Paracetamol 3x sehari ngga ngefek. Dexamethasone lanjut lagi.

Jumat 31 juli 2015:
Masih lanjut bed rest. Eh tapi obatnya habis jadilah sekalian kontrol, nangis heboh lagi dan berdarah lagi, ampyuuun.

Sabtu 1 agustus 2015:
Bed rest terus sampe isya. Trus ikut halal bihalal komplek, alhamdulillah aman.

Minggu 2 agustus 2015:
Udah bisa ke kondangan, trus ke rumah Datuk sampe malem. Pake main lempar bola pula. Tapi belom boleh lari-lari ya Nak. Kalo ngga salah ini hari terakhir pake celana sunat bertempurung.

Senin 3 agustus 2015:
Hari pertama sekolaaah, amaaan juragaaan! Malemnya udah main tendang bola + gowes sepeda di rumah Yangti. Sepedanya pake dinaikin ke sofabed pula, yang ngeliat yang kesereman.

Selasa 4 agustus 2015:
Mulai ngeluh gatel. Kasa betadin langsung ganti pake kasa rivanol. Dexamethason oren diminumin lagi, walopun rutinnya siang doang. Kalo paracetamol terakhir minum sabtu deh kalo ngga salah.

Rabu 5 juni 2015:
Udah kuat jalan jauh ke pasar, hehe. Pulang-pulang nenteng ikan koi idup atu. Oya hari ini kulit nekrotiknya sebagian udah mulai copot sendiri.

Kamis 6 juni 2015:
Ikut ngurus stnk bolakbalik kesana kemari. Malemnya nemenin Papa nyari celana training. Heboh ngga bisa diem sampe jatoh di mall. Haduhhaduh.

Minggu 9 juni 2015:
Kulit nekrotiknya udah copot semua, alhamdulillaaah. Udah maksimal banget deh lari-lariannya.

*Kira-kira 3 minggu setelah sunat udah hampir sembuh total semua luka bekas perlengketan fimosisnya.

*Masih kita pakein kasa betadin/rivanol sampe 1 bulan, setidaknya 1x sehari aja sebelum tidur pas minggu terakhir.

*Anaknya masih ngeluh-ngeluh sampe 1.5 bulan setelahnya (ngilu aja sih kayaknya bukan sakit), tapi habis itu kayaknya udah terbiasa, ditandai dengan udah bisa bener-bener disabunin kalo lagi mandi, hehe.

Tips dan saran yang perlu saya inget (buat kalo punya anak-anak cowo lagi, aamiin!):

  1. Sebaiknya copot tabungnya maksimalin aja, misal rentangnya 3-5 hari, ambil yang 5 hari aja, jangan yang 3 hari. Biar habis dicopot ngga berdarah lagi (semoga ya).
  2. Pilih tempat sunat yang terpercaya tapi bukan klinik/RS yang langganan didatengin kalo sakit, karena selalu ada kemungkinan anaknya trauma sama tempat itu.
  3. Ngga usah beli kit perawatan paska khitan, mahal doang, hahahahaha. Cukup beli NaCl sama suntikan. Oh dan dexamethasone boleh minta lagi gratiiis. Kontrol juga gratististis.
  4. Celana sunat 50ribuannya lumayan penting. Tapi satu aja aman kok.
  5. Kelambu itu amat sangat penting. Dan sangat berkaitan erat dengan proses penyembuhan, hehehe.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: