Heavenly Scented Gift

Write to make your life worthy :)

Rawat inap DBD

on March 18, 2016

Jadi kan waktu itu anak sholeh mendadak demam pas mau diajak imunisasi varicella di RS BCWH, truuus..

Pas hari kamisnya (masuk hari ke4) demamnya belum keliatan ada perbaikan. Malahan, seharian itu kayaknya lemeees doang. Dikit-dikit ngantuk, lagi makan tidur, main juga ngga mau. Akhirnya jum’at pagi (menjelang siang deng) anak sholeh dibawa ke dokter umum buat minta pengantar lab. Langsung ke RS Hermina Depok buat cek darah dan urin. Waktu itu tersangkanya 3: DBD, ISK, sama thypus. Hasilnya jadinya 1 jam kemudian, tapi kita pulang dulu. Baru berangkat lagi sekitar habis asar.

Hasil (& nilai rujukan):

  • Leukosit: 2.2 (5.5 – 15.5)
  • Trombosit: 119 (217 – 497)
  • Anti S. typhi IgM (Tubex): 0 (<= 2 negatif / tidak menunjukkan infeksi demam tifoid aktif)

Karena ngeliat trombo sama leukositnya dibawah normal jadi mikirnya langsung sekalian aja deh ketemu dokter minta baca hasil. Waktu itu yang lagi praktek dr. Rastra, dan dokternya udah mau pulang, tapi alhamdulillah masih mau nungguin, makasi ya Dok. Habis liat lembaran hasil labnya langsung disaranin buat rawat inap. Shock plus panik saya. Mana Papa sholeh ngga bisa dihubungin. Udah gitu ternyata Herminanya penuh, jadi harus cari RS lain. Pas akhirnya sang Papa bisa ditelepon rasanya kayak udah mau nangis, hahahaha. Trus mikir, Bunda apa Mitra ya. Pilih yang lebih deket aja deh. Soalnya beneran ngga bawa persiapan nginep sama sekali.

Sampe UGD RS Bunda sekitar magrib. Pilih-pilih kamar yang masih masuk plafon. Dapet deh kamar 313 (kelas 1/utama, isinya 2 orang, per malam 600ribu, harga 19 Februari 2016). Trus anak sholeh dipasang infus buat pertama kalinya. Pastinyalah, nangis teriak-teriak heboh. Trus pindahan ke kamar naik kursi roda sambil dipangku. Pertamanya dr. Andi Nanis yang dipilih sama RS buat nanganin anak sholeh. Tapi karena selama ini kita lebih langganan sama Hermina, jadinya minta ganti ke dr. Rianita Syamsu (soalnya beliau praktek di dua RS itu).

Perkembangan hasil cek darah:

Hari ke5 — 20 Februari 2016 pagi

  • Leukosit: 1.9
  • Trombosit: 68

Hari ke5 — 20 Februari 2016 sore

  • Leukosit: 2.0
  • Trombosit: 55
  • Anti Dengue IgG: (-)
  • Anti Dengue IgM: (+) 

Hari ke6 — 21 Februari 2016 pagi

  • Leukosit: 3.5
  • Trombosit: 59

Hari ke7 — 22 Februari 2016 pagi

  • Leukosit: 3.7
  • Trombosit: 76

Karena trennya udah naik, jadi hari ke7 udah boleh pulang. Dari penampakannya juga udah mulai ceria sih dari satu hari sebelumnya. Walopun seluruh tubuh kayak bantal karena katanya kalo DBD emang cairan pembuluh darahnya merembes ke mana-mana. Kalo di kepala jadinya ngantuk terus, kalo di muka jadinya kayak orang bengep, kalo di paru jadinya ISPA. Tadinya sih sebenernya hari ke6 aja udah boleh pulang kalo sorenya cek darah lagi dan hasilnya nanjak juga. Tapi Papa sholehnya mesti ngurus surat jaminan perusahaan dulu seninnya (dan kalo belum ada berarti mesti bayar sendiri dulu, huhu) jadi ya sekalian aja deh. Seneng deh sama RS Bunda soalnya hampir tiap hari ada ahli gizi yang nyamperin. Trus sebelum pulang dibekelin petunjuk diet lambung lengkap buat anak sholeh.

Walaupun udah pulang tapi anak sholeh masih harus istirahat dulu. Tiap hari minum sari kurma 3 x 1 sendok makan, kadang tambah jus jambu. Makanannya juga harus tinggi protein. Putih telur rebus rutin digadoin tiap hari 1 butir (kalo kuningnya cuma boleh 2x/pekan). Trus hari jum’at berikutnya (hari ke11) kontrol + cek darah lagi, hasilnya alhamdulillah udah normal semua (leukosit 6.0, trombosit 411). Senin berikutnya udah boleh sekolah lagi deh, alhamdulillah.

Biaya rawat inap (dibayarin kantornya Papa sholeh, total 7.152.319):

  • Dokter anak: 770.000
  • Dokter umum: 148.500
  • Obat-obatan: 2.810.271
  • Biaya pendaftaran: 65.000
  • Kamar perawatan anak utama:  2.100.000 (3.5 x 600.000)
  • Pemeriksaan laboratorium: 743.700
  • Pemasangan infus: 110.000
  • Jasa layanan: 404.848

Biaya yang dibayar sendiri (total 22.821):

  • Face masker karet: 1.400
  • Sensi clean exam glove: 9.100
  • Spalk 15×5 cm: 8.250
  • Wristband dewasa blue: 4.071

Obat-obatan yang dipake:

  • Ventolin syrup
  • Lacidofil
  • PSIDII
  • Naprex
  • Cefspan
  • Cefxone

Semoga sehat terus ya keluarga kita, aamiin!

Advertisements

One response to “Rawat inap DBD

  1. […] mau masuk, eh selasa malemnya tiba-tiba 38.5 lagi. Rabupun masih demam, karena khawatir DBD kayak dulu, akhirnya balik ke RS lagi. Anak sholeh yang pilih, mau ke Hermina Depok apa ke Bunda Margonda. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: