Heavenly Scented Gift

Write to make your life worthy :)

Cek AMH

on April 14, 2016

Beberapa hari setelahnya, hasil cek lab yang terakhir itu langsung dibawa ke dokter. Tapi apadaya dokter kesayangan lagi cuti. Jadinya ngadep penggantinya aja deh. Dan entah kenapa saya ngga begitu sreg sama itu dokter. Jadi pas konsul itu saya sempet minta diresepin asam folat (biar bisa dapet gratisan, hehee) karena udah mau habis banget. Tapi kata dokternya begini dengan nada kurang enak: “ada apa sih dengan asam folat?!”, trus katanya kalo kebanyakan asam folat bisa bikin susah hamil juga. Hmm, bener ngga ya? Udah gitu, siklus besok disuruh istirahat aja dulu. Karena katanya kalo digedein mulu sel telurnya ntar malah habis. Idihhh kok parnoin gitu sih. Trus disuruh periksa darah lagi.

Ini yang diminta beserta biayanya (versi prodia pesona khayangan, kalo ngga salah catet ya):

  • AMH: 614rb
  • Asam folat: 814rb
  • Vit. D: 378rb
  • D-dimer: 701rb
  • Feritin (keskip lupa nanya harganya)

Nah karena kekurangyakinan sama dokter itu (maaf ya dok..) dan karena mahalnya biaya, jadilah yang dicek yang pertama aja, AMH. Kenapa kok pilih itu? soalnya dokter-yang-lebih-saya-percaya pernah minta buat periksa itu (tapi kayaknya lupa aja buat ditulisin di surat rujukan labnya).

Lalu setelah baper berkepanjangan dan berember-ember air mata karena saya dapet bulanan lagi, pas hari ke-7 siklus berikutnya dateng lagi deh ke pizza hut pesona, eh sampingnya maksudnya. Hasil pemeriksaannya sekarang agak lebih lama. Cek jum’at pagi, jadinya baru senin malem. Ini salinannya:

Anti-Mullerian Hormone (AMH)

Nilai rujukan: <= 12.6
Perempuan, usia > 18 tahun
Pada kondisi post-menopause, kadar AMH < 0.16 ng/mL
Interpretasi AMH sebagai prediktor respon ovarium (Konsensus Penanganan Infertilitas, 2013):
– AMH > 4.6 ng/mL : Hiper-responder
– AMH 1.2 – 4.6 ng/mL : Normo-responder
– AMH < 1.2 ng/mL : Poor-responder

Anti-Mullerian Hormone (AMH)
(SI Unit)

Nilai rujukan: <= 89.9
Perempuan, usia > 18 tahun
Pada kondisi post-menopause, kadar AMH < 1.14 pmol/L
Interpretasi AMH sebagai prediktor respon ovarium (Konsensus Penanganan Infertilitas, 2013):
– AMH > 32.84 pmol/L : Hiper-responder
– AMH 8.56 – 32.84 pmol/L : Normo-responder
– AMH < 8.56 pmol/L : Poor-responder

Nah yang hasil ini belum sempet dilaporin ke dokter. Padahal pengen curcol sama dokter itu soal omongan dokter penggantinya. Tapi bingung juga sih mau ngapain lagi kalo udah ditunjukin hasilnya karena udah terlanjur masuk fase istirahat. Tau ah lap.

Ngomong-ngomong kemaren dapet kabar gembira kalo bundanya-temen-sekolahnya-anak-sholeh-yang-habis-inseminasi berhasil positif tespeknya. Senenggg bangettt dengernyaaa, sungguhaaan, tuluuus senengnya. Tapi terus jadi meratapi lagi, kapan ya giliran saya? Huhuhu..

Semoga secepetnya yaALLAH, aamiin yaRabbalAlamiiin..

Advertisements

3 responses to “Cek AMH

  1. Rika says:

    Mba, makasih ya postingannya pas banget hrini baru keluar hasil tes amh aq. Nunggu jadwal cek ke dokter ga sabar dan Alhamdulillah Nemu tulisan mba dan bermanfaat bgt buat aq.. ^_^

  2. Rika says:

    Mba, makasih ya postingannya pas banget hrini baru keluar hasil tes amh aq. Nunggu jadwal cek ke dokter ga sabar dan Alhamdulillah Nemu tulisan mba dan bermanfaat bgt buat aq.. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: