Heavenly Scented Gift

Write to make your life worthy :)

Perpanjangan stnk di bis samsat keliling & denda telat bayarnya

on September 6, 2016

Harusnya agustus tuh dipatok banget ya sebagai bulan STNK. Jadi tiap awal bulan ke-8 harusnya udah otomatis langsung nyeret diri sendiri ke samsat. Kalo ngga, ya jadinya mesti bayar denda deh kayak kemaren. Alhamdulillah telatnya baru 1 bulan jadi dendanya masih 2% dari PKB. Tapi lumayan juga sih kalo ditambah denda SWDKLLJ.

Hasil baca-baca dari pencarian lewat mbah gugel, perhitungannya gini:

  • Denda PKB: 2% x jumlah bulan keterlambatan. Maksimal 24 bulan (48%), selanjutnya flat.
  • Denda SWDKLLJ: 100.000 untuk mobil, 32.000 untuk motor.

Contoh perhitungannya kalo untuk mobil yang telat perpanjangan 1 bulan kayak gini *ini nominalnya bener-bener permisalan doang ya*:

  • Pokok PKB: 1.700.000
  • Sanksi administratif PKB: (1 x 2%) × 1.700.000 = 34.000
  • Pokok SWDKLLJ: 143.000
  • Sanksi administratif SWDKLLJ: 100.000
  • Total bayar termasuk denda: 1.977.000

Lumayan berasa yak.

Denger-denger sekarang udah ada e-samsat ya, belum pernah nyoba sih. Soalnya si mobil masih kredit *hehe* jadi masih harus ke TU samsat dulu. Jadi sekalian legalisir sekalian bayar. Mungkin kalo ntar udah ngga ngutang lagi sama bank baru deh bisa bebas dari urusan perTUan ini. Yang dilegalisir hampir sama kayak taun lalu:

  1. KTP asli
  2. Fotokopi KTP
  3. STNK asli
  4. Fotokopi BPKB
  5. Fotokopi faktur kendaraan
  6. Fotokopi sertifikat nomor identifikasi kendaraan (NIK)
  • Bedanya sama taun lalu: ngga pake surat informasi perpanjangan kendaraan dari bank (baru tau juga ternyata gpp ya).
  • Biaya legalisirnya alhamdulillah masih sama Rp. 20.000,- kayak taun lalu walaupun tetep sama juga ngga pake bukti bayar.
  • TU nya masih di samsat yang sama juga yang di sentosa raya itu.

Nah kemaren pas ke sana awal bulan september ini (telat 24 hari), wuidiiih ampun-ampunan rameee bangeeettt! Padahal hari kamis dan datengnya masih lumayan pagi (sampe sana jam 9.40). Akhirnya selese urusan TU (ngga pake ngantri sana sekali) langsung ngibrit ke bis samsat keliling di seberang samsat benerannya.

Di deket bisnya lumayan juga sih yang nunggu ada kayaknya sekitar belasan orang. Langsung taro map di loket pendaftaran bis. Selanjutnya cuma mondar-mandir di samping bis sambil sibuk ngejauhin bau rokok. Tiba-tiba 20 menit kemudian, dipanggil, diminta bayar di loket pembayaran (dibuletin dikit sih nominalnya ke atas, harusnya belakangnya 42.300 jadi 50.000). Trus udah, selesai. Wew cepet juga ya. Alhamdulillah beres deh urusan STNK.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: