Heavenly Scented Gift

Write to make your life worthy :)

Perlengkapan pergi ke daerah musim dingin

on November 29, 2016

Precaution:
Tulisan ini dibuat oleh seorang istri yang ngga ikut pergi ke luar negeri tapi ikut nyiapin kebutuhan suaminya (karena istrinya parno suaminya kedinginan di sana). Lalu disesuaikan dengan pengalaman sang suami di sana.

Apa aja yang perlu dibawa dan beneran kepake di sana?

  1. Jaket tebel. Biasanya pak suami tiap ngantor emang selalu pake jaket, tapi ketebelannya masih tergolong normal. Jadi kemaren kita nyiapin satu lagi yang lebih anti dingin. Bukan yang ada bulu-bulunya, bukan yang panjang sampe dengkul, dan bukan yang dari bahan wool. Tentunya juga, ngga mesti yang baru *alangkah beruntungnya kalo ada yang bersedia minjemin*.
  2. Long john. Baru tau juga ada pakaian semacam ini. Ternyata ini tuh kayak setelan rada ketat, kayak legging plus baju manset kali ya kalo buat cewek. Tapi kalo si long john ini ada yang buat cowok juga. Satu set aja cukup. Supaya bisa dipake berkali-kali, dipakenya setelah celana dalem dan kaos dalem terpasang di badan.
  3. Kupluk. Ini lumayan kepake supaya kuping ngga beku. Ngga wajib banget tapi cukup berguna.

Barang bawaan normal sehari-hari:

  1. Kaos kaki. Ngga perlu beli yang khusus winter. Bahkan kaos kaki ngantor biasa yang karetnya udah kendor juga gpp, hehe. Kemaren buat jaga-jaga, udah bawa kaos kaki bola yang panjang-panjang tapi nyatanya ngga kepake. Oya di pesawat juga biasanya dikasih.
  2. Sepatu. Pake yang udah ada. Ngga perlu bawa sendal.
  3. Kaos dalem. Ini kasusnya yang pergi cowok dan demi perjalanan dinas sih.
  4. Jaket yang biasa dipake sehari-hari. Buat dobelan sama jaket satu lagi yang lebih tebel.
  5. Kostum normal. Kalo kemaren doi bawa jas, dasi, kemeja kerja, celana bahan, celana jeans, kaos lengan panjang.

Apa aja yang udah dibawa tapi ngga kepake?

  1. Sweater. Udah bawa 4 biji (yang 2 modal minjem) ngga ada yang kesentuh. Untung semuanya produk lama.
  2. Sarung tangan. Udah beli mahal-mahal ternyata balik lagi dalam keadaan utuh tanpa sidik jari. Sungguh pengeluaran duit yang sia-sia. Alesannya katanya rempong kalo mau foto-foto. Zzzzz..
  3. Shawl. Ini juga. Tau gitu duitnya mending dipake buat beli tambahan oleh-oleh lego buat anak sholeh *lho*.
  4. Vaseline petroleum jelly. Tadinya bawa karena menurut pengalaman katanya waktu jaman sma dulu ke Jepang aja bibirnya sampe pecah-pecah. Eh ini dibuka aja ngga. Untung belinya yang paling kecil (24ribu), bukan yang di mall seharga 140ribu.

Pernak-pernik lainnya:

  1. Monopod/tongsis/apalah. Yang intinya buat menunjang kegiatan dokumentasi. Ini boleh minjem.
  2. Tas anti copet/anti maling/anti pencuri. Kemaren beli semacem tas ala-ala fbi gitu di ruko itc depok seharga 50ribu.
  3. Lensa wide. Ini boleh minjem juga.

Yang kelupaan dibawa:

  1. Converter colokan listrik. Buat di pesawat atau di hotel kalo-kalo colokannya beda sama yang di Indonesia. Di Abu Dhabi masaaak harganya mahal bangettt lebih dari 600ribu huhuhu.
  2. Cemilan, makanan dan minuman instan. Buat ganjel perut kalo bingung soal halal haram.
  3. Tisu basah. Kalo-kalo ngga ada air buat cebok.

*keterangan khusus: tulisan ini subjektif ya, pak suami kemaren dinasnya 4 hari, menjelang akhir November 2016, ke daerah eropa, GMT+1, temperatur siang hari antara 12-16 derajat & malam hari antara 7-11 derajat (celcius), 2 derajat di puncak menara dengan ketinggian 300 m (kata situsnya)*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: