Heavenly Scented Gift

Write to make your life worthy :)

Mengurus perpindahan RT di alamat KTP, penambahan anggota KK dan denda keterlambatannya

on March 30, 2017

Diketawain di kelurahan. Gara-gara anaknya udah 5 taun 3 bulan baru mau dimasukin ke KK. Iya sih kita emang rada-rada terlalu cuek soal ini *kurang jadi warga negara yang baik yak, huhu*. Tapi ada alesannya kok. Intinya karena kita ini sebagai bapak sama ibunya aja KK nya masih terpisah juga. Niat awalnya cuma supaya ngga berat sebelah. Jadi pengennya anak sholeh bakal dimasukin KK pas kita nantinya udah ngurus KK gabung.

Awal nikah (oktober 2010) kita masih nomaden antara Jakarta-Depok. Dua taun habis itu, maret 2013, pas akhirnya udah punya domisili sendiri, itu pas banget lagi muncul isu ektp. Jadilah nunggu ektp-nya Papa sholeh jadi dulu biar gampang pindah alamatnya *tapi ternyata tetep rempong juga, tapi itu kebanyakan pak su yang ngurus jadi saya kurang apal step-step keribetannya apa aja*.

Trus tadinya kita pikir ektp-nya big boss bakal expired taun lalu jadilah sekitar maret 2016 buru-buru mulai ngurus pindah alamat KTP dari Jakarta ke Depok sekalian bikin KK baru. Tapi karena kita kiranya udah dikejar waktu, jadi mikirnya yaudahlah Papanya seorang dulu aja anggotanya. Nah itu si KK pun jadinya masih lama lagi setelah KTP Depoknya Papa sholeh jadi (awal agustus 2016), baru ada akhir agustus 2016 setelah bolakbalik ke kelurahan 3x.

Habis KK barunya ada wujudnya, baru deh muncul niat ngadep ke 2 orang pak RT (dan ke pak RW setelahnya) buat minta surat pindah. Soalnya saya cuma pindah RT doang sebenernya. Nah bagian ini nih yang rada lalai dan ketunda terus karena penuh kealpaan. Awal maret 2017, setelah berkas lengkap, dateng deh ke kelurahan. Yang berujung diketawain tadi itu. Berkasnya tuh ini:

  • Fotokopi ktp istri
  • KK tujuan (asli bukan fotokopi) yang isinya baru suami/kepala keluarga doang
  • KK asal istri yang masih gabung sama orangtua
  • Fotokopi 2 KK di atas
  • Fotokopi surat nikah
  • Fotokopi akta lahir anak sholeh yang baru mau dimasukin ke KK
  • Surat pindah keluar dari RT asal
  • Surat pindah datang ke RT tujuan
  • Formulir permohonan kartu tanda penduduk (KTP) warga negara indonesia

Trus karena anak sholeh baru masuk KK pas udah TK A gini, kena denda deh 100ribu. Gpp deh yang penting (mudah-mudahan) persis 3 minggu lagi KTP yang udah pindah RT sama KK gabungannya udah jadi, aamiin!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: