Heavenly Scented Gift

Write to make your life worthy :)

Bunyi ngiiing dari kompor bertabung gas ketika memasak

on May 4, 2017

Kirain, setelah pakai bright gas 5.5 kg permasalahan tabung gas bakal beres. Maksudnya, urusannya tiap bulan ya tinggal bongkar angkut pasang (dan bayar 60rb). Tapi ternyata, masalah tabung gas yang berbunyi mendesis tetep aja masih kejadian. Amat sangat jarang sih terjadinya. Masalahnya, pas sekalinya kejadian, bunyinya udah bukan mendesis lagi. Tapi udah berubah jadi bunyi ngiiing panjaaang. Kira-kira kedengerannya mirip bunyi abang-abang penjual putu yang suka lewat depan rumah, tapi versi lebih pelannya.

Baru aja kemaren siang kejadiannya. Lagi ngerebus air tiba-tiba bunyi ngiiing ngga berenti-berenti. Bunyinya dari dalem cabinet tempat si tabung gas berada. Langsung panik plus parno tingkat tinggi. Mana bau gas bocornya udah parah banget. Buru-buru langsung matiin kompor, puter kenop regulator tabung gas ke atas/off, buka pintu cabinet lebar-lebar. Pintu sama jendela dapur juga langsung dibuka sampe pooooolll. Lho kok tetep bau juga. Makin panik. Ternyata selang tabung gasnya walaupun udah di-off-in tetep aja masih nyangkut jadinya tetep keluar gasnya. Langsung saya lepas trus saya biarin mengular di lantai dapur tuh selang. Baru deh ilang baunya.

Akhirnya kemaren seharian kita jajan terus buat bahan makan siang sama makan malem. Pas Papa sholeh pulang pun tetep aja dibiarin nganggur itu si tabung gas karena kita berdua terlalu parno buat ngapa-ngapain. Sampe tadi pagi. Mikir… kalo sarapannya anak sholeh dimasakinnya pake rice cooker kayaknya bakal bikin doi jadi terlambat masuk sekolah. Yaudahlah hayuk diberaniin masang lagi. Oya sempet baca-baca biasanya kasus kayak gini kejadiannya kalo pas gasnya mau habis. Nah ini baru 4 hari sebelumnya ganti baru dan biasanya 1 tabung gas 5.5 kg itu kepakenya selama 1 bulan. Ngga mungkin kan 4 hari doang langsung ludes (apalagi saya kurang rajin masak *tutup muka*).

Truuus setelah pura-pura berani, cobain pasang lagi sambil dag dig dug. Eeeh langsung bunyi mendesis parah. Kalo tetep maksain dipasang terus kayaknya lama-lama bakal bunyi ngiiing lagi tuh. Langsung bau gas pula. Ini mah kayaknya klep/karet pengamannya tiba-tiba kendor sendiri. Untungnya masih ada klep sisa make tabung gas 3 kg dulu. Iris pake pisau, selipin di atas klep yang udah kepasang, pasang lagi kenopnya. Eh bisa. Ngga ada bunyi-bunyian lagi. Tapi pas dinyalain kompornya kok ngga keluar apinya. Copot lagi. Coba ditipisin dikit lagi karet pengamannya. Pasang lagi. Nyalain. Alhamdulillaaah, bisa beneran. Langsung bisa masak pake kompor lagi. Sekarang udah setengah hari alhamdulillah baik-baik aja, ngga ada bau, ngga ada bunyi. 

*apa harusnya beli pengaman regulator tabung gas ya?*

*Semoga rumah kita aman teruuus seumur hidup, keluarga kita dijauhkan dari segala bahaya, dan selalu dilindungi ALLAH SWT, aamiin…*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: